TK Kartika XV-1 Koordinator Grup 3 Kopassus


TK Kartika XV-1 Koordinator Grup 3 Kopassus

TK Kartika XV-1 Koordinator Grup 3 Kopassus
TK Kartika XV-1 Koordinator Grup 3 Kopassus

Profil TK Kartika XV-1

Mewujudkan Generasi Penerus Bangsa yang Kreatif, Cerdas, Terampil, Mandiri, dan Bertanggungjawab dengan Landasan KeTuhanan Yang Maha Esa

SEJARAH SINGKAT DAN PROFIL TK KARTIKA XV-1 

TK Kartika XV-1 berlokasi di Jl. Chandraqa Raya No. 1, Komplek Ksatrian Ahmad Yani Kopassus RT 05 RW 08, Kelurahan Baru, Jakarta Timur.

TK Kartika XV-1 Kopassus didirikan pada tanggal 17 Februari 1973 dengan nama TK Tunas Harapan B oleh Ibu Witarmin yang pada saat itu menjabat sebagai Ibu Komandan Jenderal Kopassus.

Pada tahun 1984, TK Tunas Harapan B mengalami perubahan nama menjadi TK Tunas Harapan I.

Kemudian pada tanggal 28 Agustus 1996 adanya perubahan nama menjadi TK Kartika XV-1 sesuai Skep YKJ nomor 6 skep/57/VIII/1996 tentang penetapan nama sekolah menjadi TK Kartika XV-1 hingga saat ini.

Pada tanggal 6 Maret 2023 bertempat di kantor Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus, TK Kartika XV-1 mulai berpindah tangan dan berada dibawah naungan Yayasan Kartika Jaya Koordinator Grup-3 dari tahun 2023 hingga saat ini.

Seiring berjalannya waktu, TK Kartika XV-1 mengalami perkembangan. Gedung sekolah telah direnovasi, fasilitas telah ditingkatkan, dan jumlah murid tetap stabil.

Perjuangan panjang penuh lika-liku telah dilewati hingga tetap berdiri TK Kartika XV-1.

Dengan adanya kerjasama antara orangtua murid, kepala sekolah, guru serta Yayasan Kartika Jaya Koordinator Grup-3 Cabang XV Kopassus yang telah mendukung TK Kartika XV-1 dalam memberikan sistem pembelajaran terhadap anak. 

Pada tahun ajaran 2024-2025 ini, TK Kartika XV-1 memiliki 36 peserta didik. TK A (usia 4-5 tahun) berjumlah 16 anak dan TK B (Usia 5-6 tahun) berjumlah 20 anak. 

Peserta didik mayoritas beragama Islam dan selain itu beragama Kristen dan Hindu. 

Tidak sedikit orangtua yang pernah menyekolahkan putra-putrinya di TK Kartika XV-1 memutuskan untuk menyekolahkan kembali saudara kandung putra-putrinya yang berusia TK, bahkan tidak jarang yang merekomendasikan kepada saudara, teman dan kerabat lainnya untuk menyekolahkan putra-putrinya di TK Kartika XV-1 karena orangtua merasakan manfaat kehadiran TK Kartika XV-1 di tengah-tengah mereka untuk memberikan pendidikan TK yang berkualitas terutama dalam pembentukan karakter bagi peserta didik. 

VISI, MISI DAN TUJUAN TK KARTIKA XV-1 

  1. VISI :

“Mewujudkan generasi penerus bangsa yang kreatif, cerdas, terampil, mandiri, dan bertanggungjawab dengan landasan KeTuhanan Yang Maha Esa”.  

  1. MISI : 
  1. Membentuk anak dengan menanamkan nilai-nilai yang berbudi luhur dan bertanggungjawab. 
  2. Melaksanakan pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. 
  3. Menyiapkan anak yang kreatif, cerdas, terampil dan siap melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. 
  1. TUJUAN :
  1. Dapat mengamalkan ajaran agama hasil proses pembelajaran dan kegiatan pembiasaan. 
  2. Terbentuknya budaya karakter religious, dan disiplin.
  3. Meraih prestasi akademik maupun non-akademik minimal tingkat Kecamatan. 
  4. Mampu memberdayakan lingkungan hidup dengan cara reuse (guna ulang), reduce (mengirangi), dan recycle (mendaur ulang). 
  5. Mampu menciptakan Green School.
  6. Pemanfaatan IT dan multimedia. 

SARANA DAN PRASARANA TK KARTIKA XV-1 

TK Kartika XV-1 dilengkapi dengan permainan outdoor dan indoor dengan 12 ruangan yaitu: 

  1. Ruang kepala sekolah/guru 
  2. Ruang kelas berjumlah 3 kelas 
  3. Ruang audio 
  4. Ruang seni 
  5. Ruang perpustakaan 
  6. Ruang UKS   
  7. Ruang dapur 
  8. Toilet berjumlah 4 bilik                           
  9. Musholla 
  10. Aula 

PERSONIL PENDIDIK TK KARTIKA XV-1 

TK Kartika XV-1 memiliki jumlah personil sebanyak 10 orang pendidik yang terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 4 guru kelas dan 5 guru ekstrakurikuler.

Personil pendidik inilah yang membuat TK Kartika XV-1 sangat variatif dalam membina peserta didik.  

KONSEP PEMBELAJARAN DAN KEGIATAN TK KARTIKA XV-1

  • KONSEP PEMBELAJARAN TK KARTIKA XV-1 

Para pendidik TK Kartika XV-1 memiliki tugas pokok mengajar. Selain itu para pendidik juga bertugas untuk menjaga kebersihan satuan pendidikan, menyambut peserta didik di depan TK, memimpin doa pagi, dan menjalankan tugas lainnya yang telah diatur dalam jadwal piket guru.

Para pendidik di TK Kartika XV-1 berupaya untuk mengembangkan semangat, terus belajar, dan terus mengembangkan diri agar dapat menjawab tantangan dunia  pendidikan untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan bermakna  bagi seluruh peserta didik.

Pendidik secara mandiri telah mengikuti berbagai pelatihan dan penguatan baik yang diselenggarakan oleh pemerintah, organisasi mitra, pihak swasta ataupun komunitas praktisi pendidikan yang dilaksanakan secara  rutin.

Dengan peserta didik yang berjumlah 36 saat ini, Yayasan Koordinator Grup-3 Cabang XV Kopassus lebih mengedepankan kualitas dari para tenaga didik untuk fokus dalam mendidik dan menggali kreatifitas para peserta didik agar dapat mengawasi tumbuh kembang setiap peserta didiknya.

  • KEGIATAN TK KARTIKA XV-1 

    1. Kegiatan Belajar Mengajar 

Praktik kegiatan belajar mengajar di TK Kartika XV-1 dilakukan 5 hari dalam 1 minggu.

Kegiatan belajar mengajar di TK Kartika XV-1 dilakukan secara berkoordinasi antara guru kelas dan guru ekskul.

Guru kelas bertanggungjawab penuh mengajar setiap hari Senin.

Koordinasi antara guru kelas dan guru ekskul dilakukan selama 4 hari, mulai hari Selasa hingga Jumat.

Ekskul di TK Kartika terdiri dari ekskul Menari, Bahasa Inggris, Melukis/Menggambar dan Agama Islam/Kristen.

Jadwal ekskul setiap harinya berbeda, hari Selasa terjadwal ekskul Menari, hari Rabu terjadwal ekskul Bahasa Inggris, hari Kamis terjadwal ekskul Melukis/Menggambar dan hari Jumat terjadwal ekskul Agama Islam/Kristen.

Adapun tujuan kegiatan ekskul di TK Kartika XV-1 yaitu ekskul Menari bertujuan untuk mengenal budaya daerah Indonesia.

Anak-anak berlatih tarian daerah diantaranya tarian daerah asal Sumatera dan Papua.

Ekskul Bahasa Inggris bertujuan agar anak-anak mengenal kosakata dan pengucapan Bahasa Inggris dasar.

Ekskul Melukis/Menggambar bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan imajinasi anak, dan ekskul Agama bertujuan untuk menumbuhkan akidah dan akhlak kepada anak. 

  1. Kegiatan Extrafooding 

Extrafooding merupakan fasilitas TK Kartika XV-1 yang bertujuan untuk membiasakan pola makan sehat dengan menu makanan yang bergizi dan variatif.

Kegiatan extrafooding dilakukan dengan menggabungkan kegiatan olahraga Berenang atau kegiatan Berkebun.

Kegiatan ekstrafooding dilakukan sebulan sekali pada minggu ketiga. 

Kegiatan extrafooding yang dilaksanakan bersama dengan kegiatan olahraga Berenang berlokasi di kolam renang Tirta Yudha, Cijantung, Jakarta Timur.

Kegiatan extrafooding yang dilaksanakan bersama dengan kegiatan Berkebun berlokasi di Kebun Batalyon Grup 3 Kopassus.

  1. Kegiatan Cooking Class 

Cooking class merupakan implementasi dari pembelajaran tema makanan dengan harapan anak-anak memiliki pengalaman dan belajar secara langsung.

Lokasi kegiatan cooking class dilaksanakan di J.Co, KFC, Hits Chicken, dan Pizza Hut. Dalam pelaksanaan kegiatan cooking class, TK Kartika XV-1 bekerjasama dengan mitra tersebut. 

  1. Seni Angklung 

Tujuan kegiatan ini merupakan tahap pengenalan seni budaya lokal kepada peserta didik TK Kartika XV-1.

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemampuan seni musik peserta didik melalui pengenalan notasi angka dengan lagu-lagu yang mudah dipelajari.

Melalui program ini, TK Kartika XV-1 berupaya membentuk peserta didik yang berkarakter dan mandiri serta siap untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.

Praktik seni angklung dilakukan satu kali dalam satu bulan di miggu kedua. 

Melalui program kegiatan tersebut, TK Kartika XV-1 berupaya untuk membentuk peserta didik yang berkarakter dan mandiri serta siap untuk mengikuti jenjang pendidikan berikutnya.

Selain itu, TK Kartika XV-1 beserta Yayasan Koordinator Grup-3 Cabang XV Kopassus memiliki harapan serta dedikasi agar para peserta didik dapat menggali kreatifitasnya untuk mengembangkan dan mengasah diri mereka agar menjadi pribadi yang memiliki nilai-nilai moral, kreatif, serta memiliki kepercayaan diri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *