Peresmian Posyandu Bungur IV Kopassus

Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus dengan pasien di Posyandu Bungur IV Kopassus
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus dengan pasien di Posyandu Bungur IV Kopassus

Peresmian Posyandu Bungur IV RW 04

Peran posyandu ditengah masyarakat sangatlah pesat . Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat yang dilaksanakan dari oleh bersama masyarakat untuk memperdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu, bayi dan balita, usia sekolah dan remaja serta usia produktif dan lanjut usia.

Adapun tujuan utama dari posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu, bayi saat kehamilan, persalinan, mencegah penyakit pada anak remaja dan lanjut usia.

Manfaat kegiatan posyandu adalah memberikan ragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak seperti pemberian ASI, MPASI dan pencegahan penyakit, memantau tumbuh kembang anak sehingga anak terhindar dari resiko kekurangan gizi dan gizi buruk. 

Selain itu mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil dan menyusui sehingga penanganan dapat segera dilakukan, memberikan imunisasi lengkap, menjadi  sarana bagi ibu dan untuk menambah ilmu pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak.

Berbagai kegiatan posyandu meliputi program kesehatan ibu hamil, progaram kesehatan anak, keluarga berencana, imunisasi, pemantauan status gizi ibu dan anak serta pencegahan dan penanggulangan penyakit.

Posyandu Terpadu Bungur IV RW 04 Cabang I Makopassus PCBC Kopassus
Posyandu Terpadu Bungur IV RW 04 Cabang I Makopassus PCBC Kopassus

Posyandu Bungur IV RW 04 dibawah asuhan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus bertempat di Jln Dharma 15 No.39 RT 005/RW 04, Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Ketua RW 04 adalah Kapten inf Subekti mempunyai 609 kepala keluarga dengan jumlah penduduk sebanyak 2.298 jiwa. 

Posyandu Bungur IV RW 04 mempunyai jumlah bayi baru lahir sebanyak 96 orang, berusia 11 bulan 29 hari sebanyak 25 orang, balita 0-59 bulan 29 hari sebanyak 248 org, remaja sebanyak 477 org, jumlah usia lanjut sebanyak  8 org. 

Dengan jumlah bayi, remaja dan usia lanjut yang begitu banyak sehingga posyandu sangat padat dan tidak bisa melaksanakan kegiatan posyandu dengan maksimal, dengan kebijaksaan dari Ibu Sandy Deddy selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus saat itu dan Ibu Ame Romel Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus pada saat itu sehingga posyandu lama direnovasi menjadi lebih besar, dengan mengambil rumah warga yang tidak berpenghuni disamping posyandu.

Selama posyandu direnovasi Posyandu Bungur IV RW 04   Pindah ke Rusun Baru Tower B, kegiatan posyandu kes terpadu ( Pelayanan Posyandu, BKB, Pos Remaja dan Posbindu ) berlangsung kurang lebih 3 bulan.

Posyandu Bungur IV RW 04 Saat Ini Adalah Posyandu Dengan Tingkat Setara Mandiri

Posyandu dengan setara mandiri adalah posyandu yang sudah melaksakan kegiatan lebih dari 8 kali pertahun dengan rata rata jumlah kader sebanyak  5 org atau lebih, cakupan kelima kegiatan utamanya lebih dari 50% mampu menyelenggarakan kegiatan pengembangan, serta telah memperoleh dana sehat dari yang berasal dari swadaya masyarakat dan kelompok usaha bersama yang di pergunakan untuk upaya kesehatan di posyandu. 

Cakupan kegiatan utama yaitu pelayanan ibu hamil 60%, pelayanan kesehatan ibu dan anak 80%, keluarga berencana (KB) 55%, imunisasi 60%, pemantauan status gizi 70%, dan penanggulangan penyakit 70%.

Posyandu bungur IV RW 04 merupakan posyandu prima yang memberikan pelayanan sesuai siklus hidup mulai dari ibu hamil sampai dengan usia lanjut yang dilakukan setiap bulan.

Posyandu bungur IV RW 04 sdh  melakukan upaya Revitalisasi posyandu. Revitalisasi ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan stara posyandu secara bertahap sehingga posyandu dapat melayani seluruh anggota keluarga.

Posyandu yang telah direvitalisasi dapat melayani berbagai kebutuhan seperti posyandu kesehatan ibu dan anak, posyandu remaja, dan posbindu.

Revitalisasi posyandu ini bertujuan  untuk meningkatkan kwalitas pengelolaan posyandu, meningkatkan pemenuhan kelengkapan sarana, terselenggaranya kegiatan posyandu secar rutin dan berkesinambungan.

Pembangunan Posyandu Bungur IV Kopassus
Pembangunan Posyandu Bungur IV Kopassus

Pada tanggal 16 Mei 2024 Posyandu Bungur IV RW 04 diresmikan oleh Ibu Ria Djon Afriandi selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus saat ini didampingi Ibu Cynthia C. Alling selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus saat ini. 

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PCBS Kopasasus beserta rombongan tiba di posyandu sekitar pukul 10.00, acara peresmian di awali dengan sambutan dari ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus  dilanjut dengan doa dan pemotongan pita oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus Ibu Ria Djon Afriandi dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS  Kopassus Ibu Cynthia C. Alling,  dan acara terakhir penutup. 

Selanjutnya ibu Ria Djon Afriandi  dan Ibu Natania Yudha Airlangga beserta rombongan dan didampingi oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus Ibu Cynthia C. Alling beserta Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus masuk ke dalam posyandu dan melihat lihat ruangan serta sarana dan prasarana yg tersedia di Posyandu Bungur IV RT 04. 

Posyandu Bungur IV RW 04 terdiri dari ruang pemeriksaan ibu hamil, ruang BKB, ruang menyusui, dapur, toilet dan pojok ruang transit, ruang aula sangat luas yg digunakan sebagai tempat penimbangan bayi, balita, anak dan remaja; pengukuran berat badan dan tinggi badan bayi, balita, anak dan remaja; pengukuran lingkar kepala dan lingkar lengan bayi, balita, anak dan remaja serta pemberian vitamin penambah darah pada anak remaja.

Selain itu digunakan juga untuk kegiatan posbindu seperti meriksaan tekanan darah,cek gula darah,asam urat dan kolesterol serta posrem (pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar lengan dan kepala, tekanan darah serta pemberian tablet penambah darah pada anak yang sedang menstruasi).

Penampakan Posyandu Bungur IV Kopassus setelah renovasi
Penampakan Posyandu Bungur IV Kopassus setelah renovasi

Posyandu atau pos KB kes terpadu setelah direnovasi terdiri dari 

  1. Ruang pemeriksaan adalah ruangan yang digunakan untuk memeriksa ibu hamil, konsultasi dan pemeriksaan kesehatan ibu, anak, remaja dan lanjut usia. Terdapat kipas angin, meja, kursi, tempat tidur dan dopler (alat untuk mengukur denyut jantung janin).
  2. Ruang laktasi adalah ruangan yg dilengkapi dengan fasilitas untuk menyusui, terdapat kursi, meja, tisu kering, tisu basah dan kipas angin.
  3. Ruang BKB adalah sebagai tempat penyuluhan BKB, tempat bermain anak, dilengkapi dengan mainan anak dan falitas penyuluhan BKB serta sebuah AC agar anak anak dapat bermain dan nyaman.
  4. Toilet bersih. 
  5. Dapur yang digunakan sebagai tempat untuk menyiapkan bahan makanan dan keperluan lainnya di posyandu.
  6. Pojok ruang istrahat yang terdiri dari sofa dan meja digunakan sebagai tempat transit jika ada kunjungan atau tamu. 
  7. Aula yang sangat luas terdapat 4 meja untuk pemeriksaan posbindu, dan 6 meja untuk posyandu bayi balita dengan fasilitas berupa AC dan kipas angin.
  8. Pada bagian luar dari gedung posyandu terdapat area parkir yang sangat luas.
  9. Ruang tunggu yang di fasilitasi dengan kursi dan kipas angin.
  10. Area bermain anak yang di lengkapi dengan kanopi sehingga saat anak anak bermain tidak kepanasan.
  11. Area toga yang lebih luas.
Peresmian Posyandu Terpadu Bungur IV Kopassus Cabang I Makopassus PCBC Kopassus
Peresmian Posyandu Terpadu Bungur IV Kopassus Cabang I Makopassus PCBC Kopassus
Peresmian Posyandu Bungur IV Kopassus oleh Ibu Ria Djon Afriandi
Peresmian Posyandu Bungur IV Kopassus oleh Ibu Ria Djon Afriandi
Ibu Ria Djon Afriandi Berdiskusi dengan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus
Ibu Ria Djon Afriandi Berdiskusi dengan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus
Ibu Ria Djon Afriandi Berbincang Dengan Kader Posyandu Bungur IV Kopassus
Ibu Ria Djon Afriandi Berbincang Dengan Kader Posyandu Bungur IV Kopassus
Ibu Ria Djon Afriandi Meninjau Fasilitas Posyandu Bungur IV Kopassus Setelah Renovasi
Ibu Ria Djon Afriandi Meninjau Fasilitas Posyandu Bungur IV Kopassus Setelah Renovasi

Peresmian posyandu bertepatan dengan kegiatan posyandu dan posbindu yang di laksanakan rutin setiap bulan.

Pada kesempatan ini, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopasus didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassua PCBS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan tekanan darah,cek gula darah dan asam urat.

Selanjutnya Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, mengukur lingkar kepala dan lingkar lengan bayi balita yg datang saat kegiatan posyandu di Posyandu Bungur IV RW 04 

Selanjutnya Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus  menyempatkan untuk berbincang bincang dengan ibu yang  memiliki balita dan menggendong baby balita yg hadir,  tak lupa Ibu Ria Djon Afriandi berfoto bersama bayi balita dan ibu ibu peserta posyandu dan posbindu yang berada di wilayah RW 04.

Playground Outdoor Posyandu Bungur IV Kopassus
Playground Outdoor Posyandu Bungur IV Kopassus

Peresmian posyandu bertepatan dengan kegiatan posyandu dan posbindu yang di laksanakan rutin setiap bulan.

Pada kesempatan ini, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopasus didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassua PCBS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus melakukan pemeriksaan kesehatan yaitu pemeriksaan tekanan darah, cek gula darah dan asam urat.

Ibu Ria Djon Afriandi melakukan pemeriksaan kesehatan di Posyandu Bungur IV Kopassus
Ibu Ria Djon Afriandi melakukan pemeriksaan kesehatan di Posyandu Bungur IV Kopassus

Selanjutnya Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus dan Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan, mengukur lingkar kepala dan lingkar lengan baby balita yg datang saat kegiatan posyandu di Posyandu Bungur IV RW 04.

Pemeriksaan kesehatan anak di Posyandu Bungur IV Kopassus
Pemeriksaan kesehatan anak di Posyandu Bungur IV Kopassus

Selanjutnya Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus  menyempatkan untuk berbincang bincang dengan ibu yang  memiliki balita dan menggendong baby balita yg hadir,  tak lupa Ibu Ria Djon Afriandi  berfoto bersama baby balita dan ibu ibu peserta posyandu dan posbindu yang berada di  wilayah RW 04.

Ibu Ria Djon Afriandi ikut dalam pemeriksaan di Posyandu Bungur IV Kopassus
Ibu Ria Djon Afriandi ikut dalam pemeriksaan di Posyandu Bungur IV Kopassus
Antrian pasien di Posyandu Bungur IV Kopassus
Antrian pasien di Posyandu Bungur IV Kopassus

Kemudian dilanjutkan dengan pemberian tali asih oleh Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus didampingi Ibu Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus kepada Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus yang didampingi ibu Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus.

Sambutan Ibu Ria Djon Afriadi Saat Peresmian Posyandu Bungur IV Kopassus
Sambutan Ibu Ria Djon Afriadi Saat Peresmian Posyandu Bungur IV Kopassus

Dilanjutkan dengan foto bersama Ibu Ria Djon Afriandi dan Wakil Ketua Persit  Kartika Chandra Kirana Pengurus Cabang BS Kopassus beserta rombongan dengan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus beserta Wakil Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus, Seksi Sosial Persit Kartika Chandra Kirana Cabang I Makopassus PCBS Kopassus, kader posyandu, kader BKB dan kader posbindu.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus Bersama Kader Posyandu Bungur IV Kopassus
Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang BS Kopassus Bersama Kader Posyandu Bungur IV Kopassus

Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada Danjen Kopassus beserta Ketua Persit KCK Cabang BS Kopassus atas pembangunan renovasi posyandu menjadi lebih luas sehingga ibu, anak, remaja dan lanjut usia dapat menerima pelayanan kesehatan dengan nyaman tanpa harus berdesak desakan.

Kader Posyandu Bungur IV Kopassus Yang Selalu Kompak
Kader Posyandu Bungur IV Kopassus Yang Selalu Kompak

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *